Advertisement

Ad code

Beasiswa Pendidikan Indonesia Tahun 2024 Resmi Dibuka, Simak Deadline dan Cara Pendaftarannya

Beasiswa Pendidikan Indonesia Tahun 2024 Resmi Dibuka, Simak Deadline dan Cara Pendaftarannya
Beasiswa Pendidikan Indonesia Tahun 2024 (Foto: radargroup.id)


BEASISWA.BIZ.ID - Setiap tahun, momentum Hari Pendidikan Nasional menjadi waktu yang tepat untuk merayakan pencapaian dan mengangkat inisiatif-inisiatif baru dalam memperkuat sistem pendidikan di Indonesia. 

Di tengah semangat perayaan ini, Balai Pembiayaan Pendidikan Tinggi (BPPT) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumumkan pembukaan kembali program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) tahun 2024.

Sebagai bagian dari upaya kolaboratif antara Kemendikbudristek dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), BPI telah memberikan kesempatan kepada ribuan peserta didik, pendidik, dan insan budaya sejak tahun 2021 untuk menempuh pendidikan di dalam dan luar negeri.

Peningkatan Cakupan Beasiswa

Sejak tahun 2021, BPI telah memberikan bantuan kepada hampir 10 ribu individu, mencakup berbagai jenjang pendidikan mulai dari S1 hingga S3. 

Pada tahun 2024, cakupan BPI diperluas lebih jauh dengan penambahan program beasiswa baru, termasuk untuk calon dosen dalam program percepatan gelar S2 dan S3, terutama untuk studi di luar negeri.

Darmasiswa: Membuka Peluang untuk Mahasiswa Asing

Selain itu, program beasiswa non-gelar Darmasiswa juga tetap menjadi bagian dari BPI sejak tahun 2023. 

Program ini menyediakan kesempatan bagi mahasiswa asing untuk mempelajari budaya dan bahasa Indonesia selama satu tahun di universitas-universitas dalam negeri, bersama dengan mahasiswa Indonesia.

Proses Pendaftaran dan Seleksi

Proses pendaftaran untuk BPI 2024 telah dibuka mulai 2 Mei hingga 30 Juni 2024 untuk tujuan perguruan tinggi dalam negeri, dan 2 hingga 31 Mei 2024 untuk tujuan perguruan tinggi luar negeri. 

Semua pendaftaran dilakukan secara online melalui laman resmi www.beasiswa.kemdikbud.go.id. Setiap calon penerima akan diminta untuk membuat atau memperbarui akun, mengisi formulir pendaftaran, dan mengikuti alur seleksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, menegaskan bahwa program BPI merupakan komitmen yang kuat dari pemerintah untuk memperkuat kualitas pendidikan dan sumber daya manusia di Indonesia. 

Melalui BPI, para pendidik dan insan budaya diberikan kesempatan untuk meningkatkan kapasitas mereka, yang pada gilirannya akan menginspirasi generasi mendatang.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Abdul Haris, menambahkan bahwa kerja sama yang semakin berkembang antara berbagai pihak, seperti Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi dengan Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, telah memungkinkan peningkatan jumlah perguruan tinggi tujuan untuk program beasiswa ini. 

Ini menawarkan peluang baru bagi para dosen di seluruh Indonesia untuk melanjutkan studi mereka dan memperoleh beasiswa yang mereka butuhkan.

Dengan pembukaan kembali BPI tahun 2024, harapan untuk memperkuat fondasi pendidikan dan melahirkan generasi yang lebih berkualitas di Indonesia semakin menguat. 

Beasiswa bukan hanya tentang memberikan bantuan finansial, tetapi juga tentang memberikan kesempatan dan membangun masa depan yang lebih cerah bagi banyak individu.

Post a Comment

0 Comments